Diposkan pada Uncategorized

Blackberry The Rise of The Death

Rimdenburg Analog dari Hidenburg air ship [Image Source: BGR]
Rimdenburg Analog dari Hidenburg air ship [Image Source: BGR]
Pada artikel sebelumnya Case Study : The Down of BlackBerry penulis telah menganalisa beberapa penyebab jatuhnya market share Blackberry . pada kali ini penulis ingin menulis tentang bagaimana memulihkan kembali market share Blackberry tersebut.

BB OS 10 OS terbaik berbasi RTOS QNX
BB OS 10 OS terbaik berbasi RTOS QNX {img source GSM arena}

A. Membuat BB OS 10 sebagai semi open platform

Pada saat ini BB semestinya sudah menyadari bahwa mereka tidaklah betarung di pasar smartphone, namun di pasar platform OS. pesaing utama mereka bukanlah samsung, lenovo, LG, dll tetapi google dengan Androidnya, Apple dengan Iosnya dan Microsoft dengan Windows mobilenya.

Sebelum memulai ada baiknya kita lihat terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan BB OS dibandingkan OS yang lain :

Blackberry memiliki beberapa kelebihan dibanding kompetitor

  1. BB OS 10 memiliki fitur keamanan yang top notch
  2. satu-satunya RTOS sehingga OS blacberry membutuhkan resource yang lebih kecil dibanding Android bahkan lebih baik dari apple dan windows.
  3. Sebagai perusahaan Canada lebih aman dari tekanan NSA.
  4. less fragmented/sedikit fragmentasi
  5. Portofolio IP yang besar sebagai pionir smartphone

Namun Blackberry memiliki kelemahan yang fundamental yaitu :

  1. Market share yang kecil dan terus tergerus.
  2. BB app world dengan sedikit app, jauh dibawah google play store dan Apple appmarket.
  3. Variasi hardware yang sedikit.
  4. Mind Share dan brand yang sudah luntur.

A. Solusi utama untuk meningkatkan MS BB adalah dengan membuka diri membuat BB menjadi semi open platform. Apa yang dimaksud dengan hal ini? mari kita lihat platform yang lain terlebih dahulu :

Pemimpin pasar OS Smartphone
Pemimpin pasar OS Smartphone

Android Full Open : semua bebas melisensi OS dari google secara gratis (dengan ijin google terlebih dahulu), keuntungan dari konsep ini adalah adopsi yang cepat ke pasar, namun memiliki kelemahan dimana mutu tidak dapat dijaga, ditambah lagi dengan fragmentasi yang dialami membuat optimisasi di android sulit dilakukan.

IOS Walled OS, Platform yang tertutup hanya Apple yang bisa memproduksi handset Ios, kelebihan model ini hardware dan software dapat dijaga sehingga fragmentasi sangat minimal, optimisasi hardware dapat dilakukan dengan baik (hal inilah yang menyebabkan Apple dengan Ram cuma 1 GB tampak lebih cepat dari samsung dan lainnya yang memeiliki kapasitas ram dan hardware yang jauh lebih mumpuni. kekurangan, variasi model lebih sedikit dan respon terhadap pasar kurang.

Apple walled garden
Apple walled garden

Windows open berbayar, yang dimaksud disini bukan opensource melainkan siapa saja bisa memproduksi windows phone asal bayar ($ 15-35) tergantung negoisasi sedangkan untuk windows RT (tablet) lebih mahal hinga $35-$100. Kelemahannya adalah biaya lisence yang tinggi bagi pemain baru (pemain lama dengan MS yang mendapat harga jauh lebih murah dibanding pemain baru dengan volume produksi sedikit).

Saat ini Blackbery merupakan OS dengan platform tertutup, namun dengan keadaan keuangan saat ini, kendala organisasi ang terlau besar membuat BB terlalu lambat merespon pasar, dengan membuat BB semi open platform maka hal tersebut dapat diatasi. semi open platform yang saya maksud adalah BB membuka OS10 yang ia miliki untuk dilisensi, namun tidak sembarang perusahaan dapat memproduksinya, hanya perusahaan yang memiliki kriteria tertentu yang dapat memproduksi BB, misal :

  1. Perusahaan yang besar yang maju dengan jaringan servis yang besar : samsung, LG, HTC, Nokia
  2. Perusahan pemain baru denga prospek yang cerah : biasanya merupakan pemain lama komputer yang membuka cabang ke tablet dan smartphone : lenovo, asus, ZTE, huawei dan HP
  3. pemain lokal dengan prospek dan nama yang baik dan dibatasi hanya berjulan lokal saja : xiomi oppo (china), advan (indonesia), orange (eropa)
Windows the dark horse
Windows the dark horse

Selain menentukan siapa saja yang dapat memproduksi BB hardware. BB juga harus menentukan spesifikasi minimum untuk middle, low dan High end, untuk mencegah BB mencegah produk murahan sebagaimana yang terjadi di Android, dan memudahkan developer melakukan target hardware, hal ini akan lebih memudahkan optimisasi.

Apakah perusahaan perusahaan tersebut akan tertarik mengadopsi BB? tentu jika kita lihat pasar smartphone android dipegang oleh samsung, bahkan yang lain rugi, (sony baru akhir-akhir ini rugi) persaingan android begitu sengit dan price war dengan brand lokal mau-tidak mau haarus dijalani.

B. Mengurangi Manufacture

Salah satu yang menyebabkan BB mahal adalah BB diproduksi sendiri (setahu saya di Canada CMIW), berbeda dengan Apple, Samsung dan hampir semua produsen HP, BB tidak mensubcon produksinya ke Tempat lain (foxcon, pegatron, quantal), ha ini menyebabkan biaya produksi membengkak.

Fokuskan hanya kelas atas yang diproduksi sendiri. hal ini akan mengurangi beban karyawan secara signifikan.

BB App World akan semakin digandrungi developer dengan, kestabilan OS, MS besar dan Hardware yang terstandar
BB App World akan semakin digandrungi developer dengan, kestabilan OS, MS besar dan Hardware yang terstandar {img source blackberry empire}

C. Perbaiki produk premium sesuai dengan tren pasar

jangan memaksakan melawan arus, ketika highend market 4 core jangan mengeluarkan 2 core, pasar high end 5 inch 1080p jangan mengeluarkan 4.2 inch 720p. sehingga ketika dibandingkan head to head hanya responsivitas dan platform yang dibandingkan, hardware comparable.

D. Percepat time to market produk baru terutama kelas middle and low end dan perbanyak variasi.

pasar middle and low adalah pasaryang paling gemuk. B akan mendapatkan banyak keuntungan dari langganan BBM dengan banyaknya pelanggan, dan semakin banyak pelanggan semakin banyak developer medekati platform.

NSA memata-matai seluruh penduduk amerika
NSA memata-matai seluruh penduduk amerika

E. Promosikan Poin utama BB

kelebihan utama BB sealin RTOS adalah fitur security, jadikan ini ada dalam setiap kampanye produk BB.

cuku itu dulu karena sudah malam.

Iklan

Penulis:

Seorang Hamba Allah yang berusaha mengamalkan ajaran Rosulnya Hidup itu perjuangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s