Diposkan pada Business and Marketing

Milyader Yamaha Bukti Kelihaian Marketing Jangka Pendek YMKI

Hallo Kawan-kawan, ini merupakan posting pertama ane, jadi harap dimaklumi kl masih banyak kekurangan disana-sini. Sekedar mengingatkan Blog ini ane buat bukan hanya membahas Otomotif aja, hanya sekedar ingin berbagi pengalaman, pengetahuan, dan hikmah dari setetes yg Allah berikan.

Posting Pertama kali ini case study program Milyader Yamaha.

gambar dari google

gambar dari google.

Mungkin banyak yg mencibir hal ini adalah langkah yg buruk yg dapat menjatuhkan image produk-produk YMKI, dan ane akui hal itu. tetapi seberapa buruknya kah? nah Hal ini yg akan kita perdalam.

Pertama : Mari kita lihat dari kondisi market saat ini.

Mau tidak mau harus diakui Market Share Yamaha sdh tidak menempel ketat honda 40%+ vs 50% plus, mind share Yamaha sdh semakin drop n Top of Mind tetap Honda yg Pegang. Seperti yg diberitakan beberapa situs / portal berita. jadi dengan bombardir produk yg begitu luar biasa dari Honda, dan kemampuan finansial AHM yg luar biasa mau ga mau YMKI akan lost dlm perang.

Kedua : pengaruh buruk dr Program Milyader Yamaha :

Yup, yg pertama adalah turunnya image yamaha sebagai motor yg paling diminati.

kedua makin meningkatkannya NPL (non performing Loan) walaupun perkiraaan ane ga begitu signifikan.

lalu apa dampak positifnya .

Peningkatan penjualan di tengah lesunya penjualan yamaha, sehingga YMKI msh dapat mempertahankan MS di level 40%. tanpa strategi ini ane yakin MS YMKI sdh drop sampai dengan level 35% monthly. sebagaimana diakui YMKI sendiri program milyader ymki meningkatakn penjualan hingga 30%. coba hitung dengan peningkatan penjualan 30% MS masih turun ke level 40 %. Jadi tanpa program ini dapat dihitung kalau MS YMKI sesungguhnya hanya 34,x%. (perhitungan cepat). dan MS AHM bisa di level 54,xx%. (yang dihitung hanya MS Mio Vega ZR dan Jupiter series) yg ikut program milyader yamaha.

pengurangan efek domino :

bayangkan jika penjualan ymki hanya 35%. artinya YMKI kehilangan penjualan hampir 35.000 perbulan. berapa banyak penurunan pendapatan dealer, pengurangan sales, dan berujung pada perampingan sejumlah dealer, yg akhirnya justru semakin menurunkan MS ke jurang yang semakin dalam.

Memberi waktu bagi YMKI.

Bertahannya MS YMKI untuk sementara waktu memberikan kesempatan bagi YMKI untuk bernafas dan mempersiapkan diri menghadapi gebrakan AHM selanjutnya dan mempersiapkan Counter Attack.

Mengurangi ongkos promosi dan jatuhnya resale value.

Loh kok bisa? Bisa, mari kita hitung dan bandingkan dengan langkah AHM di tahun 2007-2009, ahm memberikan diskon yg luar biasa bagi tiap lini produknya, bonus dari tv, hengpone, dll. yg kalo ditotal bisa lebih dari satu juta, dengan penjualan AHM yang tuk entry level produk diatas 200rb perbulan berarti ahm mengeluarkan ongkos sebesar 200 milyar perbulan. maknyos kan…

YMKI cukup membuat milyader Yamaha, hadiah dua orang 2 M ditambah hadiah selingan yg kecil-kecil. paling total ga sampai 5 M itupun untuk jangka waktu 2 bulan. bandingkan dengan strategi AHM dengan diskon, hadiah, dan tanpa DP dl. biaya promosi program Milyader yamaha bisa dimasukkan ke program promosi global. yang jelas :

Biaya Promosi (iklan) program satu milyar jauh lebih besar dari hadiahnya itu sendiri. dan hal semacam ini wajar dan jamak terjadi dalam bisnis.

mengurangi jatuhnya resale value. loh kok bisa lagi?

Yup jelas bisa, dengan strategi ini DP dapat dipertahankan tetap ‘normal’, tidak ada bonus berlebihan, yang makin menjatuhkan resale value.

terakhir siapa saja yg disasar sebagai konsumen produk 2 milyar.

Kalangan menengah ke bawah, yang masih mengambang. ingat ga semua orang brand oriented. jadi orang yg tadinya mau beli beat, akhirnya beli mio, toh sama-sama motor. atau orang yg mau menunda beli motor jadi beli sekarang. dan kl diperhatikan Yang menang Milyader Yamaha ahampir semuanya dari kalangan menengah ke bawah, biar semakin meyakinkan mereka. beda dengan hadiah BCA yang dapet orang yang berada terus.

ok segitu dulu. monggo di share dan didiskusikan pendapat brother semua.

Yang jelas strategi Marketing Teknis jangka pendek YMKI memang masih di depan AHM…

salam Hangat….

Nb : maaf ane ga melengkapi data-datanya takut jadi skripsi, n kehilangan momentnya.

Iklan

Penulis:

Seorang Hamba Allah yang berusaha mengamalkan ajaran Rosulnya Hidup itu perjuangan

12 tanggapan untuk “Milyader Yamaha Bukti Kelihaian Marketing Jangka Pendek YMKI

    1. Ane cuma bilang ini strategi bisnis. Konsumen juga lah yang harus smart. kl ane pribadi ga akan membeli motor karena Undian krn motor itu jangka panjang. tp terus terang ane sekarang kalo beli kopi milih yang ada Undiannya. kalo disebut pembodohan ane kurang setuju.

      Undian Halal kok.

  1. Bagai mana dengan konsumen yg semata dua mata hanya pengin hadiahnya, setelah ngga dapat mereka menjual lagi motornya, banjir deh motor second, dah hukum ekonomi barang di pasar banyak pasti harga turun, turunnya harga jual kembali mempengaruhi image subuah merk dan akan mempengaruhi penjualan jangka panjang. Bagaimana ?

    1. Yup, seperti ane jelaskan di atas, dengan cara ini YMKI dapat menekan resale value tidak terlalu jatuh. mengapa?

      Pertama YMKI dapat menjaga DP tetap tinggi sehingga resiko konsumen ttp besar kalo membeli hanya utk undian kemudian dilepas lagi.

      kedua : Besar kemenangan dan jumlah yg menang tidak sebanding dengan pegnorbanan yg diberikan. kesimpulannya tidak menarik buat spekulan, sebagaimana ahm dl lumayan dpt tv, ma pinjeman motor 2 bln.

      Ketiga : Target dari strategi ini adl kalangan menengah kebwh, dari daerah rural (pinggiran) yg tidak biasa berspekulasi/berpola pikir seperti masy perkotaan dlm menaggapi kredit. coba deh cek dp kredi di daerah rural, relatif lebih tinggi dari perkotaan (urban).

      keempat : ane tidak menagatakan bahwa resale value tidak akn drop, tp dropnya tdk terlalu jauh.

      kelima : naif sekai kl ada jika kita perkirakan akn banyak org berjudi (ngluarin dP) hanya buat undian dua milyar, dan hadiah lain yg kemungkinan menangnya kecil.

      keenam : kl bener niatnya cm buat undian maka hukumnya haram dan masuk kategori berjudi.

  2. gue juga bli motor yamaha waktu undian berlangsung
    tapi gax ingat kalau ada undian
    dan gue gak gitu berharap dpat undian
    soalnya yg bli yamaha kan banyak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s